Selasa, 06 Desember 2011

Hi guys.. :D. Ehem...ga tau kenapa nih, ahir ahir ini lagi tertarik pada yang namanya programming . Maklum lah mahasiswa semester tua kayak ane yang lagi berkutat dengan yang namanya Tugas Akhir mau gak mau juga harus 'bercengkrama' dengan yang namanya script program buat software atau sesuatu lah. Yang kiranya cocok dan masuk kriteria dalam pengajuan Tugas Akhir. Walaupun in fact , ampe sekarang aja belum nemu nemu judul yang cocok gan...hahaah.. ^^'



Ok deh, sekian curhatnya, ntar malah keterusan lagi... Nah, beberapa waktu lalu ane pas lagi iseng iseng cari bahan , script script program nemu yang bagus nih gan, udah ane praktekin juga gan.. Script buat aplikasi chatting pake bahasa pemrograman java. .langsung aja cekidot.. :D


1. Server mengirim data ke Client
// program server: simpan dalam ServerKu1.java
// kompile menjadi ServerKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
ServerSocket ss = new ServerSocket(2002);
System.out.println("Menunggu Klien...");
Socket s = ss.accept();
System.out.println("Klien telah masuk");
System.out.println("Server pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : " + s.getLocalPort());
System.out.println("Client pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : " + s.getPort());
PrintWriter pw = new PrintWriter(s.getOutputStream(), true);
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String greeting = "";
while(!(greeting=br.readLine()).equals("")) { pw.println(greeting); }
pw.close(); s.close(); ss.close();
} catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}

// program klien : Simpan dalam ClientKu1.java
// kompile menjadi ClientKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
Socket s = new Socket("127.0.0.1",2002);
System.out.println("Komunikasi terhubung");
System.out.println("Client pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getLocalPort());
System.out.println("Server pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getPort());
BufferedReader br = new BufferedReader( new InputStreamReader(s.getInputStream()));
System.out.println("Menunggu pesan...");
String greeting = "";
while ((greeting=br.readLine())!=null) { System.out.println(greeting); }
System.out.println("Selesai");
br.close();
s.close();
}
catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}
2. Client mengirim data ke Server

// program server : Simpan dalam ServerKu2.java
// kompile menjadi ServerKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu2 {
public static void main(String args[]) {
int port;
ServerSocket server_socket;
BufferedReader input;
try {
port = Integer.parseInt(args[0]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("port = 2000 (Standarnya)");
port = 2000;
}
try {
server_socket = new ServerSocket(port);
System.out.println("Server menunggu klien di port " +
server_socket.getLocalPort());
// server mondar-mandir disini
while(true) {
Socket socket = server_socket.accept();
System.out.println("Hubungan baru diterima " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(socket.getInputStream()));
// menampilakan data yang diterima
try {
while(true) {
String message = input.readLine();
if (message==null) break;
System.out.println(message);
}
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
// Client menutup hubungan
try {
socket.close();
System.out.println("Client telah menutup hubungan");
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);


// program client : Simpan dalam ClientKu2.java
// kompile menjadi ClientKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu2 {
public static void main(String[] args) {
int port = 2002;
String server = "localhost";
Socket socket = null;
String lineToBeSent;
BufferedReader input;
PrintWriter output;
int ERROR = 1;
// read arguments
if(args.length == 2) {
server = args[0];
try {
port = Integer.parseInt(args[1]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("server port = 1500 (Standarnya)");
port = 2002;
}
}
// Koneksi ke server
try {
socket = new Socket(server, port);
System.out.println("Terkoneksi ke server " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
}
catch (UnknownHostException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
try {
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
output = new PrintWriter(socket.getOutputStream(),true);

Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
1. Kompile ServerKu1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1

Ntar tampilannya kayak gini


Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1


Tampilannya akan seperti ini


Moga bermanfaat gan... :D

Source : http://ilmukomputer.com/

0 komentar